Focus Group Discussion (FGD) Seminar Hasil

Pada Senin (19/6) hari ini, saya membuka kegiatan FGD seminar hasil penyusunan dokumen analisis kebutuhan dan analisis kelayakan pendirian Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Tahun 2023 di Aula Setdakab, Komplek Perkantoran Suka Makmue.
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sejak berdirinya Nagan Raya tantangan pemerintahan daerah yang belum dapat kita kelola dengan baik adalah memandirikan fiscal daerah kemandirian fiscal daerah adalah salah satu ukuran keberhasilan otonomi daerah.
Dalam catatan saya (data tahun anggaran 2022), total pendapatan Nagan Raya mencapai rp 1,1 t, dengan kontribusi PAD baru Rp 101 M. Itu artinya, pendapatan daerah sangat bergantung dengan transfer Pemerintah Pusat, lebih dari 90 persen.
Keberadaan BUMD sebagai lembaga bisnis daerah dikelola secara profesional oleh pelaku bisnis yang mendapat dukungan pemerintah daerah dan memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah.
Semoga dengan berdirinya BUMD ini nantinya juga dapat memberikan pengaruh (multiplier effect) yang besar bagi kemajuan perekonomian masyarakat.
Mari Bangkit Menuju Nagan Raya BEREH.